Rabu, 22 Mei 2013

Nuansa Tempo Dulu @Toko Oen, Malang

Mumpung ada agenda jalan-jalan ke Malang, saya segera browsing aneka kuliner kota Malang. Mungkin karena pengaruh udaranya yang dingin, banyak sekali kuliner lezat di kota Malang. Kebanyakan jenis kulinernya memang berfungsi sebagai penghangat badan, seperti STMJ, bakso, susu murni, jagung bakar, roti bakar. Pilihan kuliner kali ini jatuh ke Toko Oen Malang. Sebenarnya bukan karena apa sih milih kuliner disini, hanya semata karena saya dan pak bos buta jalan daerah Malang, dan Toko Oen ini kalo di google maps, letaknya persis di jalan utama dan dekat alun-alun :D
Toko Oen ini terletak di jalan Basuki Rahmat no 5 Malang, persis di belokan depan Sarinah dekat alun-alun kota Malang. Kalau dilihat dari papan yang tertera, Toko Oen ini sudah berdiri sejak tahun 1930. Nggak heran, banyak bule terutama Belanda yang bernostalgia datang ke toko ini. 


Interior dan eksterior toko masih bernuansa jaman Belanda, mulai aneka foto-foto jadul, kursi, meja, peralatan makan, bahkan pramusajinya pun memakai seragam tempo dulu. Yang terkenal di Toko Oen ini tentu saja ice cream dan aneka roti dengan resep tempo dulu. Ada ice cream tutti fruti cassata,  peach melba, banana split, dll. Rasa es krimdisini berbeda dengan es krim jaman sekarang. Teksturnya lebih kasar, lebih sedikit rasa susunya jadi ngga eneg, ngga terlalu manis, dan dijamin tanpa pengawet :) Yang nggak kalah lezatto adalah roti-rotinya, haruuumm, empuk dan banyak pilihan rasanya.

etalase roti-roti tempo dulu yang supeerrr yummy

suasana dalam toko

Bule sedang bernostalgia
Kalo lagi laper dan pengen makan berat, di Toko Oen juga ada steak, burger, chinese food dan masakan lainnya. Primadonanya adalah Oxtongue Steak alias steak lidah. Tapi entah kenapa, saya merasa kurang lezat, mungkin karena agak minim bumbu ya hehehe.... Yang menurut saya enak adalah cheeseburgernya. Burgernya dibuat sendiri dari daging asli, tebal dan empuk. Dilengkapi keju yang banyak dan sayuran segar, rotinya pun buatan sendiri, mantap!
Steak Lidah

Cheeseburger
Memang sih harganya sedikit mahal, eskrim mulai 20.000 - 35.000, steak 45.000, burger 25.000, tapi worth it lah sama pengalaman nostagia jaman Belanda. Suasana cozy bener-bener terasa meski letaknya di pinggir jalan raya. Yuk yang mau ke Malang, mampir ya!

0 komentar:

Posting Komentar