Senin, 02 September 2013

Papuma, si putih cantik di selatan Jember

Setalah lama banget nggak melampiaskan hobi jalan-jalan, akhirnya akhir bulan kemaren punya kesempatan jalan-jalan sama geng kantor suami ke pantai Tanjung Papuma... pantaaiiii yihaaa!!!!
Sebenarnya nama Papuma ini sudah kondang gulindang di dunia wisata Jawa Timur, dan sudah beberapa kali berencana kesana, cuma karena lumayan jauh dari rumah, akhirnya rencana cuma tinggal rencana.
Seingat saya, jaman abege dulu pernah diajak papi kesini, secara ya tiap tahun hampir pasti jenguk si embah di Jember juga. Tapi, jaman dulu yang terkenal pantai Watu Ulo yang sebelahan sama Tanjung Papuma, jadinya dulu maennya malah di Watu Ulo, di Papuma cuma mampir sebentar saja. Uniknya, meski sebelahan, warna pasir di Watu Ulo sama di Papuma tuh beda, kalo di Watu Ulo item, di Papuma pasirnya putih bersih. 
Tanjung Papuma ini meski judulnya di Jember, tapi dia sungguh amat ke selatan, sekitar 60km dari pusat kota Jember. Kalo dari Surabaya, sekitar 5-6 jam perjalanan, lumayan yaaa.... Idealnya sih ke Papuma itu untuk meliat sunrise, tapi kemaren berangkatnya kesiangan, jadi baru nyampe Papuma tengah hari. Sempat skeptis sih, Papuma tengah hari? bisakah dapet foto yang ciamik? yuk mareee lihat saja ;)
Memasuki kota Jember dari arah Surabaya, akses menuju Papuma cukup mudah, ada plang penunjuk jalan yang cukup imut :D Setelah terminal Tawang Alun Jember dan bertemu perempatan traffic light Mangli, di perempatan ini kita belok ke kanan/ arah selatan, jangan gembira dulu kawan, Tanjung Papuma masih 58km lagi, ulalaaaa...smangaaaatttt!!! setelah sekitar 45 menit perjalanan, tibalah kita di gapura Tanjung Papuma di sebelah kanan jalan. Setelah melewati gapura, tampak pemandangan hutan jati yang mantaaabbb! sayang, karena waktu terbatas, ngga sempat motoin hutan jatinya:( Setelah hutan jati, jalannya menanjak ke atas bukit, daaaann subhanallah Papuma di bawah sana sungguh indaahhhh!!!!

papuma dari atas bukit, ini bukan akibat edit foto yang bagus, aslinya malah lebih mantab lagi ;) sumber foto:eastjava.com

Karena masih dikelola perum perhutani, pantainya lumayan bersih dan fasilitas umum lumayan lengkap, ada kamar mandi, musholla, banyak warung, sampai penginapan sederhana;) Pantai putih, bersih dengan garis pantai yang cukup panjang. Di ujung pantai, ada scene yang jadi trademark Papuma, yaitu kumpulan batu yang cukup besar, wajib deh foto pake latar belakang ini ;) saat paling tepat berkunjung ke Papuma adalah di tengah2 musim kemarau dan pagi sampai siang hari, karena menjelang sore, mataharinya udah tertelan bukit;)
Bukit di sekitar Papuma




Ini dia foto khas Papuma :D
Maappp kalo kebanyakan foto narsisnya :D setelah dipilah dan dipilih, yang bagus justru foto yang ada saya-nya hihihi

ps : foto-foto diatas hampir tanpa edit, hanya sedikit meningkatkan saturasi warnanya, so kebayang indah aslinya kan :)

0 komentar:

Poskan Komentar