Rabu, 16 Mei 2012

Jalan-Jalan Bali 2012 : Bali Timur -Culture Bag 2

Obyek wisata menarik selanjutnya adalah dua istana air yang dimiliki oleh Kerajaan Karangasem.

1. Taman Ujung Sukasada
Akrab dengan tempat dan orang ini di TV? 


Yap, inilah "Bale Kapal" yang merupakan pintu masuk ke Taman Ujung Sukasada. Selain Bale Kapal, masih ada beberapa Bale lain, antara lain, Bale Gili yang merupakan bangunan utama, Bale Bundar, Bale Lunjuk,  dan Bale Kambang.

Bale Gili
Taman super cantik ini terletak hampir di ujung timur pulau Bali, berjarak 5km dari kota Amlapura, ibukota kabupaten Karangasem. Taman ini dibangun oleh Raja Karangasem, I Gusti Bagus Djelantik. Taman ini dahulu berfungsi sebagai tempat peristirahatan raja dan tempat untuk menjamu tamu-tamu penting kerajaan Karangasem. Pembuatannya melibatkan arsitek Belanda yaitu, van Den Hentz dan arsitek Cina, Loto Ang. Jadilah sebuah taman dengan perpaduan arsitektur Bali, Cina dan Eropa. Ditambah pemandangan Gunung Agung di sebelah utara, dan lautan Bali di selatan, rugi rasanya jika ke Bali Timur tanpa mampir ke Taman Ujung Sukasada. Tiket masuk ke taman ini murah meriah, hanya 5 ribu/orang, free parking pula, ada tempat makan siang dengan menu mulai 15rb per porsi dan dekat dengan masjid, sedaaapppp.....

Ruangan Raja..entah kenapa tiba-tiba saya merinding ketika berada di ruangan ini...Hiiiiiii




2. Taman Tirta Gangga
Taman Tirta Gangga ini juga dibangun oleh Raja Karangasem, I Gusti Bagus Djelantik. Taman ini terletak di pinggir jalan raya menuju Amlapura. Taman ini tidak kalah cantiknya dengan Taman Ujung Sukasada. Istimewanya, di taman ini fasilitasnya lebih lengkap lagi. Pengunjung bisa berenang di mata air yang super jernih dan sejuk karena taman ini lebih dekat dengan pegunungan daripada Taman ujung Sukasada. Ada pula aneka tempat makan, penginapan, toko-toko.




Sebagian besar taman ini berisi kolam dengan berbagai ukuran, beberapa merupakan kolam ikan, pancuran, maupun kolam dengan pijakan yang bisa digunakan untuk bermain-main. Tiket masuknya saya lupa, antara 5 atau 10 ribu. Bedanya, tempat ini sudah lebih komersial dari Taman Ujung Sukasada.







5 komentar:

Surya mengatakan...

Seep... mantap
nice review lel..

Pengen segera budal ning bali... :D

lely_gesta mengatakan...

Ayok, ndang ^_^
Kalo mau mengunjungi tempat unik bin asyik, kabar2i ya mas, kadang-kadang pengen traveling rame2 ;)

Surya mengatakan...

Oh gitu.. wokeh dah..

Emang enak kalau rame-rame, bisa saling backup dan saling motoin, hi hi hi hi

lely_gesta mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Surya mengatakan...

Noted Lel..
Sip :)

Posting Komentar