Minggu, 20 Mei 2012

Jalan-Jalan Bali 2012 : The Beach

Ke Bali tentu tidak lengkap tanpa menikmati pantai. Sejak edisi Bali yang lalu, saya  merasakan kenikmatan bertemu pantai yang belum banyak terjamah wisatawan. Benar-benar nikmat! So, kali ini kami harus menemukan pantai baru lagi dunk!

1 Pantai Perasi
Ada dua pantai di Bali Timur yang menjadi incaran saya. Satu pantai di dekat pelabuhan Padang Bai dan satu lagi Pantai Perasi. Karena pak supir yang mengantar kami hanya tahu pantai Perasi, akhirnya hanya satu target terpenuhi. 
Pantai Perasi terletak di desa Perasi, Kabupaten Karangasem. Banyak juga yang sering menyebut pantai pasir putih, atau virgin beach. Jalan masuk ke pantai Perasi hanya ditandai plang kecil bertuliskan Virgin Beach di pinggir jalan. Jika tidak hafal daerahnya, lebih baik sering-sering bertanya. Tiket masuknya 5.000 per orang, dan 5.000 untuk parkir mobilnya.  Jalan masuknya beraspal kasar sekitar 100 meter, dilanjutkan dengan jalan berbatu-batu yang cukup sulit dilalui oleh mobil. Banyak mobil yang berhenti di ujung jalan aspal karena takut selip. Tapi, segalanya terbayarkan begitu melihat pantainya. Bagussss!

Berbeda dengan pantai-pantai lain di sepanjang selatan Kabupaten Klungkung dan Karang Asem yang berpasir hitam, pantai Perasi ini cenderung berpasir putih, meskipun tidak putih bersih seperti Kuta atau Dreamland. Suasananya sepi, dan kebanyakan didominasi wisatawan mancanegara. Airnya jernih banget dan ombaknya cukup tenang,sehingga asyik untuk berenang. Garis pantainya juga cukup panjang dan lebar. Top banget dah! 


 2. Pantai Kutuh
Di Bali edisi yang lalu, saya dan suami sudah menjelajah beberapa pantai di ujung selatan Bali, seperti Padang-Padang, Blue Point, Dreamland, sampai menemukan si perawan Bali Cliff. Kali ini saya sangat beruntung diajak oleh teman baik saya menjelajah Pantai Melasti atai Pantai Kutuh. Pantai ini juga terletak di jajaran ujung selatan Bali, hanya lebih ke arah Nusa Dua. Tiket masuknya gratis, seingat saya hanya bayar parkir 5.000 untuk mobil. Seperti Bali Cliff, untuk menuju Pantai Kutuh, harus lebih dulu menuruni ratusan anak tangga *sigh*
On the way to Kutuh
Salah satu sudut Kutuh
Pantai ini favorit teman saya, karena selain sepi, latar belakangnya bukit rumput nan hijau, yang katanya mirip bukit teletubbies ;) Garis pantai yang cukup luas dan lebar, serta pengunjung yang nyaris tidak ada, membuat kami leluasa melakukan aneka pose narsis sampai ganjil. 



Oia, pantai ini ternyata amat sangat landai. Sampai kira-kira 200 m dari bibir pantai, kedalamannya hanya sepinggang orang dewasa. Pantai landai ini dimanfaatkan penduduk sekitar untuk budidaya rumput laut.
Ketika hari semakin sore dan air semakin surut, di ujung sebelah kanan pantai terlihat karang yang sepertinya tembus ke daerah dibaliknya. Karena penasaran, kami menyusuri pantai dan melewati karang tersebut, dan olala!!!! there's another beach! Lebih sepi, lebih luas, dan banyak gubuk para pembudidaya rumput laut. Maknyus! Karena tak tahu ini pantai apa, we named it Pantai Kutuh II :D
Jalan Tembus

Kutuh II

Bored with touristy beach?  Lets find your own beach @Bali!

2 komentar:

Surya mengatakan...

Pantainya bagus...
Belum pernah ekplore Bali sampai sedetil ini..

Keren, keren..

Ini kamu muter2 pake mobil atau motor Lel?

Foto diambil bulan Maret, tapi kok masih mendung ya?

lely_gesta mengatakan...

Pake mobil semua, waktu ke Perasi nyewa plus driver sekaligus keliling daerah Bali Timur.
Yang ke Kutuh, dianter temen, tapi sewa motor dari Kuta masih bisa...

Iya mas, Maret kemaren masih kejar-kejaran sama hujan,jadi kadang jadwal menyesuaikan cuaca :D

Posting Komentar