Rabu, 31 Oktober 2012

Setahun bersama Tymelyne, Suka Duka

Menjalankan sebuah usaha, pasti ada suka dan dukanya. Dan suka duka jualan baju jauh lebih kompleks daripada jualan bros. Ditambah lagi saya harus bisa menyeimbangkan diri dengan partner in crime yang untungnya punya banyak pemikiran yang sama dengan saya.

Dukanya....
Salah satu yang bikin sebel itu pembeli yang cerewet, booked ini itu, setelah ditunggu lama ternyata nggak transfer2 :(( Hati sudah berbunga-bunga karena produk laku dan ditulis booked ke  pembeli lainnya, ternyata malah jadi persediaan.. Dulu sebelum punya online shop, nggak kebayang kalo pembeli itu ternyata amat sangat banyak variasinya, mulai yang sok kenal, minta diskon super banyak, nanya banyak tapi ga jadi, minta disimpenin barang tapi transfernya tunggu gajian, de el el... Saya menganggap semua pembeli itu seperti saya yang segera transfer ketika uda booked barang, karena tau kalau duit itu bakal mau diputer lagi sama penjualnya ;) Tapi jangan khawatir, banyak juga kok yg transfernya cepet, dan bilang terima kasih jika barang nya uda sampe.
Sebel kedua adalah ketika memandangi persediaan yang segunung. Biasanya ini akibat dari penjualnya yang kulakan super kalap tapi males ngga sempat moto dan apload barangnya hahahaha.... Bisa juga persediaan ini adalah sisa serian barang yang teman-temannya sudah terjual. Kerjaan saya seringnya ngeliatin sambil mikir mau diapain, dan biasanya malah dipake sendiri hahahaha
Tetapi, duka yang paling mendalam adalah ketika saya harus menghandle semuanya sendirian. Sebenarnya nggak tepat juga kalo disebut duka, karena sendiri itu ketika partner in crime saya sedang bed rest karena hamil dan melahirkan. Sedihnya lagi model privat kami juga sedang super sibuk dengan kegiatan kampusnya. Jadinya, beberapa bulan ini judulnya 'all by myself'. Akhirnya ya foto seadanya, upload semaunya, online sesukanya hehehe Dan saya sadar, perubahan ini tak hanya untuk sekejap saja. Saya harus sedia stok semangat yang banyak untuk tetap meluruskan jalan Tymelyne ;)

Sukanya....
Saya jadi punya banyak bangeeettt teman. Mulai dari pembeli sejagat raya, sesama online shop, mbak tempat kulakan, para pedagang kain,temannya teman, sodaranya teman, temannya sodara, de el el ;) Yang dibicarakan ga melulu soal order aja, kadang-kadang ngobrolin status BB masing-masing, sharing pengalaman berdagang,saling kasih info kalau ada pembeli atau penjual yang berniat menipu, yang paling sering sih dimintai saran padu padan busana :D Paling senang ketika teman lama yang selama ini cuma jadi silentlist tiba-tiba nongol, dari sekedar bertanya tentang dagangan, trus nanyain kabar, kadang berlanjut dengan ajakan ketemuan, how nice! ;)
Be a trendsetter ;p Ya dong, jualan apapun harus terus update trend terbaru. Alhamdulilah, para desainer muslimah yang tidak saya kenal itu hampir semua suka ngeblog, jadinya tau desain terbaru mereka seperti apa. Tiap hari kerjaanya browsing, blogwalking untuk cari desain yang baru, dan ini pekerjaan yang amat saya suka hahaha.... Ostosmastis, ngeliatin baju tiap hari bikin mupeng kan? Nah, keuntungan lain yang saya dapet, saya bisa mendapat barang impian dan tetep modis dengan harga super murah, karena belinya grosiran ngikut Tymelyne hihihihi.... Sampai teman kantor sering protes, karena katanya sih yang bagus-bagus udah dipilih sama penjualnya duluan :D padahal barang sejenis dengan yang saya pakai juga saya jual lho, kalo sudah gini, berarti tergantung siapa yang make kan? hehehehe.....
Jadi banyak ngemall dan belanja, hohohoho.... Eits, tapi jangan salah, kalo dulu ngemall nya window shopping dan hasil akhirnya menumpuk di lemari saya, sekarang jadinya nyari bahan kain dan barang baru untuk Tymelyne. Walhasil, dompet amaaaannnn! :D
Yang paling bikin suka, adalah menghitung laba penjualan hehehe.... Alhamdulillah, meski sampai sekarang belom menikmati hasilnya secara langsung, karena masih diputar untuk jualan lagi, tapi seneng banget rasanya begitu cek rekening ternyata saldonya sudah bertambah ;)

Mempunyai usaha sendiri menurut saya kita harus menyukai apa yang kita usahakan, karena dengan menyukai maka duka bisa menjadi suka ;)

5 komentar:

Rona Nauli mengatakan...

selamat ultah Tymelyne, moga2 tambah gede, rejeki lancar, tetep awet muda...aamiin

selamat menjalani passion ya, nak...moga2 bisa jadi sandaran selain dapur ngebut di stack2 itu hehehe

lely_gesta mengatakan...

amiiinn... makasih tantee muuacchhhh

dian mengatakan...

met ultah tymelyne.... >:D<
moga2 makin rajin kasih diskon buat sahabat, teman makan siang, supir makan siang, teman sehati sejiwa, sesama wanita pejuang, dan apa aja deh yang bikin kamu ngasih diskon :D

lely_gesta mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
lely_gesta mengatakan...

thankyuuuu muuacchhh
Rayuanmu masih kurang maut tuh, ayo labelnya ditambah lagi :D

Posting Komentar